Pemerintah Kecamatan Batang Tuaka Luncurkan Trobosan Data Ibu Hamil Online 


 

 

SIBERONE.COM - Pemerintah Kecamatan Batang Tuaka kabupaten Indragiri Hilir luncurkan trobosan website pendataan ibu hamil online http://dbumilo.com/.  

 

Data Ibu Hamil Online merupakan suatu terobosan yang dapat memberikan kemudahan sebagai persyaratan ibu hamil dalam proses persalinannya di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes), baik fasyankes di wilayah Kecamatan Batang Tuaka, Puskesmas Gajah Mada ataupun rujukan ke RSUD puri Husada Tembilahan. 

 

Menurut Camat Batang Tuaka,

Rahelmi, S.Pd, MSi melalui Sekcam Batang Tuaka Fitrianto, SKM, MARS gagasan inovasi ini dibuat karena adanya keluhan dari Fasyankes dan Bidan Desa saat merujuk Ibu Hamil yang akan bersalin ke Fasyankes tidak ada data pribadi (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) yang dibawa.

 

 

 

Katanya saat situasi urgen kadang keluarga lupa menyiapkan data yang akan dibawa sehingga keluarga harus mengurus dan mengambil lagi data tersebut yang bisa memakan waktu serta biaya.

 

"Kadang sudah mau lahiran tapi pihak keluarga belum memiliki kesiapan administrasi sehingga membuat mereka kewalahan. Nah dengan adanya trobosan ini, masyarakat sudah mengantisipasi jauh-jauh hari agar proses persalinan tidak terkendala khusus di bagian administrasi," jelas Sekcam Batang Tuaka ini, Kamis (17/6/2021).

 

Menurut Fitrianto yang akrab disapa pak Fit ini, inovasi data ibu hamil bukan saja dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tetapi juga sangat membantu Fasyankes dalam mengambil data Ibu Hamil tersebut yang bersalin di Fasyankesnya, dan data tersebut dapat diupload langsung tanpa menunggu waktu 24 jam. 

 

"Bagi masyarakat atau keluarga Ibu Hamil sangat dirasakan langsung manfaatnya karena saat merujuk Ibu Hamil yang akan bersalin ke Fasyankes dituju tanpa membawa data fisik lagi, kadang dalam situasi urgen tidak teringat untuk membawa data pribadi Ibu Hamil tersebut," ulasnya.

 

 

Adapun tujuan dari Inovasi Kecamatan ini: 

1. Untuk memperoleh Data Ibu Hamil secara cepat dan akurat.

2. Memudahkan dalam melengkapi persyaratan persalinan.

3. Sebagai bukti kerja sama (MOU) antara Kecamatan, Kelurahan/Desa dan UPT Puskesmas sampai Fasyankes rujukan/RSUD. 

 

Sementara manfaat yang diperoleh: 

1. Memperoleh Data Ibu Hamil secara cepat dan akurat.

2. Sebagai Persaratan Persalinan di Fasyankes. 

3. memudahkan keluarga Ibu Hamil dan Petugas Kesehatan dalam merujuk persalinan ke Fasyankes. 

 

 

Untuk mendapatkan trobosan ini, Pemerintah Kecamatan Batang Tuaka menghimbau kepada seluruh ibu hamil untuk aktif melaporkan kandungannya ke bidan atau Pustu atau Puskesmas setempat agar data kehamilannya bisa segera dimasukkan ke dalam data ibu hamil online. 

 

"Jika masyarakat di wilayah Kecamatan Batang Tuaka ada mempunyai ibu hamil segera melaporkan ke Petugas Kesehatan atau kader posyandu, agar bisa difasilitasi dan dimasukkan data ibu hamil itu ke aplikasi data ibu hamil tersebut. Ini demi kelancaran proses persalinannya di Fasyankes yang kita tuju," ungkapnya. 

 

Terakhir Fitrianto mengungkapkan untaian kata buat para ibu hamil untuk selalu menjaga kehamilannya baik secara kesehatan dan juga secara administrasi.

 

"Saat kita belum ada, Ibu meminta. 

Saat kita dalam kandungan nya, Ibu menjaga. Saat kita lahir kedunia,

Ibu memberi manja. Saat kita lakukan salah, Ibu memberi petuah. Saat kita melangkah sesat, Ibu bijak tunjukan arah. Cinta sejati Ibu tanpa pamrih," imbuhnya.

 

 

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar